Jumat, 20 Agustus 2010

Konversi Video untuk ponsel Symbian

Ponsel Symbian dari Nokia ini memang memiliki keunggulan dari sisi entertainment. Tak hanya kualitas audio playernya yang mumpuni, tapi juga kemampuan video playernya layak diacungi jempol. Jika Anda memiliki banyak video atau film kesayangan yang tersimpan di komputer, sayang rasanya jika dibuang begitu saja. Anda masih dapat mengkonversinya dan menikmati kembali di layar ponsel symbian.

Tips ini dapat dijalankan dengan asumsi Anda akan mengunakan RealPlayer sebagai playernya, dan video yang disajikan akan berformat MPEG-4 dengan format audio AAC. Tentu saja Anda memerlukan video yang akan dikonversi sebagai bahan baku utama tips kali ini. Anda juga memerlukan sebuah komputer dengan ruang penyimpanan harddisk yang memadai. Sebagai software konversi, digunakan sebuah software encoder Video bernama SUPER. Software bertipe freeware ini dapat didownload di alamat www.erightsoft.com/Superdc.html.

Setelah berhasil diinstal di PC, Anda perlu melakukan langkah-langkah pengaturan terlebih dahulu sebelum mulai mengkonversi film. Silakan melakukan pengaturan sesuai dengan urutan nomor pada gambar di bawah (dicontohkan menggunakan Nokia N97):

1. Atur Output Container ke format MP4
2. Atur Output Video Codec ke MPEG-4
3. Atur Output Audio Codec ke AAC LC
4. Beri centang pada boks DirectShow Decode
5. Ubah Video Scale Size ke 640 x 360, untuk mendapatkan ukuran berbeda,
silakan pilih dua ukuran lain yang terdapat di bawahnya yaitu 368 x 208
atau 416 x 176
6. Atur Aspect ratio ke 16:9,
7. Atur frame/sec ke angka 29,97
8. Bitrate : gunakan 2016 (standar)
9. Centang boks High Quality
10. Atur Sampling Freq ke 44100
11. Ubah audio bitrate ke 96 kbps.

Jika langkah-langkah pengaturan tersebut telah dilakukan, maka saat ini Anda telah siap mengkonversi video. Melalui File Explorer, pilih file video yang hendak Anda konversi. Lakukan drag and drop file ke bagian manapun di jendela SUPER. Jika berhasil, maka nama video yang hendak Anda konversi akan muncul di bawah notifikasi "DROP A VALID MULTIMEDIA FILE HERE...".

Anda bisa melakukan double klik di bagian tadi untuk melihat detil video seperti berapa bitrate atau aspect rationya. Jika bitrate video tersebut lebih rendah daripada settingan Anda tadi, makaAnda dapat meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik.

Beberapa video memiliki aspect ratio 2.35:1. Mungkin tampilannya tidak akan sempurna, gambar orang akan terlihat lebih tinggi atau lebih lebar karena secara default symbian 5th edition memiliki aspect ratio 16:9. Jika sudah yakin dengan pengaturan yang Ada lakukan, tekan tombol Encode, maka proses konversi akan segera dimulai. Waktu konversi beragam, tergantung kualitas dan ukuran file video. Setelah proses konversi selesai, Anda dapat langsung mentransfer file tersebut
ke ponsel.

Sumber: http://medoho.blogspot.com
 

HEADLINE

Image and video hosting by TinyPic

Download Ringtone Lucu dan Gokil dari Upin & Ipin

Translate this page!

Arabic Chinese (Simplified) French German Hindi Italian Japanese Russian Indonesian

Followers

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

SPORT

Image and video hosting by TinyPic
free counters
Ariedezzy

. Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Elxis Bro Sponsored by a Bronies corp Company