Rabu, 18 November 2009

Solusi Atasi Ponsel Kena Air

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan ponsel anda,secara tidak sengaja ponsel anda terkena air.Jangan panik,mungkin ponsel anda masih bisa diselamatkan tanpa harus mendatangi tempat perbaikan ponsel.
Berikut ini tips mengatasi ponsel yang terkena atau terendam air,sebelum anda membawanya ketempat service,ada baiknya anda mencoba tips berikut ini:
1.Cepat matikan Ponsel.
Umumnya ponsel yang baru terendam air akan langsung mati.Karena jalur komponen yang menghubungkan tiap komponen terjadi hubungan arus pendek.Tapi kalau ponsel tidak mati ketika kita angkat dari air,tetap kita matikan ponsel secara manual dengan tekan tombol power.

2.Buka Casing dan Baterai.
Setelah ponsel dalam keadaan mati,kini kita lepas sumber energi ponsel yakni baterainya.Karena jika tidak dilepas,arus listrik akan terus masuk,dan akhirnya akan terjadi hubungan pendek arus listrik pada tiap komponen.Karena baterai terlindung oleh casing,sekalian saja kita lepas casing yang menyelubungi ponsel dan juga komponen lain yang menempel dicasing seperti keypad.

3.Lepas SimCard Dan MemoriCard.
Karena dua komponen tersebut menempel pada ponsel,dan memang harus dilepas.

4.Lepas Baut Bodi.
Bodi ponsel adalah bagian dalam ponsel yang melindungi dari komponen yang melekat di dalamnya.Karena sifat air adalah mudah menempati segala bidang dan pasti masuk kedalam PCA,mau tidak mau kita harus melepas bodi ponsel.Gunakan obeng T-6 dan tang pengait khusus ponsel.Alat tersebut bisa anda dapatkan ditoko yang menjual Spare parts ponsel.Jangan lupa mengumpulkan semua komponen kecil didalam satu wadah agar tidak hilang.

5.Lepas LCD.
LCD atau Liquid Crystal Distlay yakni komponen inti ponsel yang gunanya untuk menampilkan menu.Nah komponen ini biasanya hanya menempel di Pcb dan harus dilepas.Karena akan mengganggu saat proses pembersihan dan pengeringan.Jadi lepas saja LCD menggunakan tang pengait,lepas perlahan agar jalur Fleksibel tidak robek.

6.Buka Bodi Dalam Ponsel.
Karena PCB masih terlindung bodi,maka buka perlahan bodi ponsel agar PCB jatuh.Setelah PCB terlepas,jangan meletakan dilantai.Berikan alas karena komponen elektronik agar tidak terkena Ground ( arus negatif )lantai.

7.Lepas Konektor PCB.
Konektor biasanya paling banyak diponsel model clamshell atau lipat.Karena pada bagian lipatan,jalur digantikan oleh fleksibel.Namun banyak juga ponsel bermodel candybar atau batangan terdapat konektor.Umumnya konektor tersebut berfungsi melekatkan komponen ponsel yang mudah dilepas.Seperti camera,jalur keypad dll.

8.Buka Pelindung IC.
Masih ingat sifat cair yang mudah menempati segala ruangan?Nah..hal ini juga berlaku untuk ais.Karena air mudah sekali masuk kesela-sela komponen,lepaskan jug pelindung IC yang melekat di PCB.Lepas perlahan menggunakan tangan,usahakan kaki pelindung IC jangan sampai patah.

9.Bersih-Bersih.
Sekarang kita lakukan pembersihan,langsung gosok PCB ponsel yang terendam air tersebut menggunakan sikat gigi bekas.Caranya masukan dulu sikat ke dalam larutan Tiner A-spesial,gosok pada PCA,terutama dicelah kecil,konektor dan PCB yang telah ada karang airnya ( berwarna putih )

10.Proses Pengeringan
Keringkan PCB,bisa menggunakan kipas angin atau Hair Dryer.

11.Pasang Kembali Ponsel Dan Test.
Sekarang kita rakit kembali yang kita bongkar tadi.Lalu test dan nyalakan ponsel,sambil menunggu ponsel menyala,jangan lupa berdoa agar ponsel tidak rusak dan kembali normal.Bila ponsel anda menyala dan normal seperti biasa,berarti sekarang ponsel anda sudah normal.

Dan kalau ponsel belum menyala,ini biasanya terjadi dua hal,yakni cara pemasangan komponen belum benar.Dan ada beberapa komponen yang terlanjur rusak akibat air.Bongkar kembali semua komponen ponsel,lalu pasang kembali semua komponen dengan tepat seperti sediakala.

Beberapa komponen yang mudah rusak ketika ponsel terkena air :
* IC Power.
* LCD
* Speaker
* CPU
Selamat Mencoba.!
 

HEADLINE

Image and video hosting by TinyPic

Download Ringtone Lucu dan Gokil dari Upin & Ipin

Translate this page!

Arabic Chinese (Simplified) French German Hindi Italian Japanese Russian Indonesian

Followers

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

SPORT

Image and video hosting by TinyPic
free counters
Ariedezzy

. Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Elxis Bro Sponsored by a Bronies corp Company