Rabu, 30 September 2009

Tips Mengirim SMS Dan MMS Gratis Untuk Handphone Java

Bertukar pesan singkat via ponsel sudah umum dilakukan. Secara teknis sebuah pesan SMS maksimal terdiri dari 140 bytes, dengan kata lain sebuah pesan bisa memuat 140 karakter 8-bit, 160 karakter 7-bit atau 70 karakter 16-bit untuk bahasa Jepang, Bahasa Mandarin dan Bahasa Korea yang memakai Hanzi (Aksara Kanji / Hanja).


Selain 140 bytes ini ada data-data lain yang termasuk. Adapula beberapa metode untuk mengirim pesan yang lebih dari 140 bytes, tetapi seorang pengguna harus membayar lebih dari sekali.

Namun SMS hanya dapat menghantarkan 160 teks tanpa gambar, suara, apalagi video. Nah, kelemahan inilah yang berusaha diatasi. Bersamaan dengan masuknya generasi 2,5G yang dikenal dengan GPRS, MMS pun masuk ke ranah seluler. Layanan ini diperkenalkan Maret 2002 oleh Telenor di Norwegia dan ditransmisikan melalui jalur Internet via GPRS.

Di Indonesia, tarif reguler kedua layanan di atas ialah Rp 150 per SMS dan Rp 1250 per 50KB untuk MMS. Tarif yang lebih murah biasanya ditawarkan sebagai sarana promosi dan tarif berlaku untuk pengiriman ke sesama operator.

SMS dan MMS bisa gratis
Ada cara agar kedua tarif ini menjadi Rp 0 alias tanpa gratis, yakni menggunakan aplikasi Messmo. Messmo adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan singkat melalui jalur GPRS/3G. Selain pesan singkat, sisipan audio, gambar dan video layaknya MMS juga dimungkinkan untuk dikirim.

Kita langsung coba saja aplikasi gratis ini. Gunakan browser ponsel untuk mengunjungi http://messmo.mobi. Klik menu Download yang tersedia di layar lalu selesaikan proses pengunduhan dan instalasi messmoM2CLDC11WF.jar (166,74 KB). Setelah itu, jalankan messmo dari menu aplikasi ponsel.

Saat pertama kali menjalankan messmo, Anda akan diminta untuk menyetujui lisensi penggunaan meesmo. Pilih Accept agar proses dapat dilanjutkan. Kemudian, ponsel akan meminta konfirmasi pada Anda untuk mengakses Internet.

Tahap selanjutnya, layar “Testing your mobile Internet Connection” akan muncul. Jendela ini bertujuan untuk memastikan bahwa messmo telah mendapatkan akses Internet. Berikutnya, messmo akan meminta akses untuk mengirim SMS ke server messmo.

Pada tahapan ini messmo akan memvalidasi nomor ponsel Anda. Berikan akses dengan menjawab Yes untuk melanjutkan aktivasi. Jangan kuatir, aktivasi di sini tidaklah seperti di software Windows yang berfungsi untuk mencegah pembajakan software. Aktivasi di sini lebih ditujukan untuk memvalidasi nomor ponsel yang Anda gunakan. SMS yang dikirimkan juga bukan SMS dengan tarif premium, melainkan SMS reguler dengan tarif standar.

Apabila proses aktivasi sukses, Anda akan dibawa ke layar utama yang menampilkan folder Inbox, Outbox, Send, Options, Help dan Disconnect. Layaknya fitur pesan standar di ponsel, Inbox berfungsi menampung semua pesan yang masuk dan Outbox berfungsi untuk menampung pesan yang telah terkirim. Menu Send berfungsi untuk membuat pesan baru. Pastikan orang yang akan Anda kirimi pesan juga terdaftar di messmo. Jika tidak, pesan akan dikirim melalui jalur SMS/MMS reguler yang menggunakan tarif normal.

Di menu Options, ada empat setting yang bisa di atur. Di menu ini Anda dapat menentukan nama panggilan untuk Chat Groups, nada dering saat pesan baru diterima, dan dua InMail yang memungkinkan Anda untuk menerima e-mail di ponsel ataupun menyimpan teks yang diterima messmoTXT ke e-mail. Menu yang terakhir, Disconnect berfungsi untuk mengeluarkan Anda dari jaringan messmo.

Perlu diketahui bahwa seting nada dering di atas bukanlah fitur pengaturan ringtone untuk setiap pesan baru. Melainkan berfungsi untuk mengaktifkan deringan miscall saat ada pesan baru yang Anda terima. Misalnya Anda mematikan aplikasi messmo, lalu ada salah seorang rekan Anda yang mengirimkan pesan ke Anda. Nah dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan panggilan miscall dari 085281711775 yang menjadi tanda bahwa Anda menerima pesan baru. Fitur ini hanya berlaku jika messmo dalam kondisi tidak aktif.

Kirim Konten dari E-mail ke Ponsel
Messmo juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim konten multimedia dari e-mail ke ponsel. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut:
1. Pilih Do, dan pilih Sned Email.
2. Pilih Receive email.
3. Buat PIN email dengaan 4 hingga 6 karakter dan pilih Send.
4. Sekarang Anda sudah memiliki e-mail baru nomorponselanda@txt.messmo.com.

Setiap kali ada rekan Anda yang mengirimkan e-mail ke alamat tersebut, pesan akan dikirimkan ke Inbox Anda.

Akses Penuh ke messmo
Di beberapa tipe ponsel, saat Anda akan menjalankan aplikasi ataupun menambahkan konten dari memori ponsel, akan muncul pertanyaan konfirmasi yang mengganggu, atau bahkan diblokir sama sekali. Untuk menghilangkan gangguan ini, masuklah ke menu Applications dan sorot menu messmo. Jangan jalankan aplikasi ini, melainkan pilih menu Options atau More > Permissions. Pilih opsi Never Ask untuk Internet access atau Connectivity, Read User Data dan Write user Data. (sinyal)
 

HEADLINE

Image and video hosting by TinyPic

Download Ringtone Lucu dan Gokil dari Upin & Ipin

Translate this page!

Arabic Chinese (Simplified) French German Hindi Italian Japanese Russian Indonesian

Followers

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

SPORT

Image and video hosting by TinyPic
free counters
Ariedezzy

. Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Elxis Bro Sponsored by a Bronies corp Company