Senin, 07 September 2009

Tips Jual Beli Handphone Second

Kalo mo jual hape second :
Kalo barang punya kita masih ok, sebisa mungkin jual sama temen aja deh. Kalo dah agak trouble beda ceritanya, masak kita jual barang jelek ke tmn? Ga tau kalo situ hobi temen makan temen, wakakakak..
Alasan jual ke temen :

Harga bisa agak lebih tinggi.
Barang kita jatuh ke tangan yang tepat, hehe...
Kemungkinan dikibulin pedagang kecil.
Win-win solution.
Aku pernah punya pengalaman gini :
Aku mau jual hape seri 'X' ke toko 'A', dia nawar 1,5jt. Aku ngerasa kok murah banget. Trus aku coba tanya2 dulu ke toko2 sekitarnya, hape seri itu kalo aku beli di harga berapa (*pura2 jadi pembeli di toko lain*). Ternyata toko 'B' yang jaraknya cuman 2 toko dari toko 'A' bilang 2jt dengan kondisi yang jauh dibawah hapeku. Aku tanya ke toko 'C' dan 'D' juga dikisaran 2jt. Berarti nih toko2 mau beli 1,5jt trus dijual 2jt??!! Gila aja tuh makan untungnya...1 item mau untung 500rb!!! Aku bisa ngambil kesimpulan gitu soalnya udah kejadian 3x di 3 toko berbeda. Kalopun itu dah aturan mainnya, tetep aja aku ngerasa kita sebagai konsumen bener2 dirugikan.
Lah mending dijual ke temen toh? Jual aja 1,8jt. Kita bisa dapet 300rb lebih daripada jual ke toko dan temen kita bisa dapet lebih murah 200rb daripada dia beli di toko..

Kalo kepepet temen ga ada yg mo beli, trus kita bener2 butuh jual tuh hape berarti mau ga mau jual ke toko..

Tipsnya :

Persiapan fisik dan mental dulu soalnya bakal capek banget nanti muter2.
Tawarkan pertama ke toko tempat kita beli dulu kalo lokasi satu kota n belum lama-lama amat belinya (*masak dah 3thn yang lalu?hehe*). Jangan langsung deal !!
Pasang target sasaran jual ke toko lain yang ga terlalu gede dan agak sepi (*ga kayak di Roxy Jakarta atau Ramai Jogja*) soalnya disana harga pasti muter2 sama di hampir semua toko.
Tawarin ke banyak toko lain, nanti kita tinggal ambil harga tertinggi aja. Kalo ga tahan muter gara2 kaki pegel, minimal tawarin ke 5 toko biar tau range harga hape kita di harga berapa. 
Ga usah perduliin omongan pedagang. Kadang ada yang jelek2in barang kita, bilang dah lecet lah, dah ga original lah, sekarang harga jualnya jatuh lah, udah susah jualnya lah..macem2..Biarin aja mereka ngomong, kita kan ga butuh alasan, yang penting sampeyan mo beli berapa, ya toh?? Mo kondisi gimana sampeyan nawar berapa, kalo ga suka tinggal pergi aja. Tetep optimis !!
Berarti range harga hape kita udah kita dapet, tinggal ambil penawaran tertinggi aja. Ini mah kudu wajib mesti...
Mudah2an kita ga rugi-rugi banget..amiinn.
Kalo mo beli hape second :
Kalo urusan ini, ketelitian nomor satu..Kita mesti cari info sebanyak2nya dulu. Liat harga di koran, liat di internet, cari tau kondisi barang tersebut kalo barunya gimana (*segel, kelengkapan kyk headset dsb, kardus, dll*).

Tipsnya :

Cari hape yang sesuai kebutuhan kita aja, soalnya barang mahal belum tentu sesuai sama kita lho..(*ga tau kalo situ dah kebanyakan duit, wekekekek*). Untuk itu kita perlu cari info soal spesifikasi, bagus jeleknya tuh barang. Selama ini sih aku banyak nanya ke forum2 di internet, lumayan bisa dipercaya. Jangan tanya ke toko !! Disamping kadang ilmu mereka pas-pasan, mereka ya rata2 nawarin barang paling baru n paling keren saat ini. Nanya sama kawan yang maniak gadget juga bisa..(*kayak aku ini, whoakakakakakak*), Insya Allah dapet titik cerah..
Periksa harga pasaran sekarang berapa. Paling enak sih baca koran, apalagi di Jogja. Toko aja referensinya dari iklan koran mereka (*kadang penjual lupa harga, terus liat koran*).
Lagi2 mesti muter2 nih, cari sampe dapet barang yang oke punya. Ciri-cirinya : tampak luar masih kinclong (*casing original masih mulus, layar masih licin ga ada lecet, keypad masih original, dll*), kalo bisa masih ada garansi dari graha (*jangan sampe beli barang black market, itu kalo dijual lagi dijamin jatuh terkapar harganya..*), belum pernah diservis ato dibongkar (*keliatan dari baut2 didalem hape kalo kita buka casingnya, kan keliatan kalo pernah ketemu obeng*), kelengkapan masih original semua dan ada segel asli pabrik bukan segel distributor(*charger, handsfree, batere, casing, buku manual, CD driver kalo hape seri pintar, kardus*).
Kalo ga bisa dapet yang perfect2 banget ga masalah, yang penting cuma layar LCD mulus, ga pernah di servis, bekas graha walopun udah ga garansi lagi sama kelengkapan semua original. Soalnya itu semua bakal pengaruh ke harga kalo kita jual lagi nanti.
Nawar sampe poll, habis2an pokoknya. Usahakan kita bertahan sama penawaran kita. Kalo penjual ga mau turun, kita tinggal aja, besok bisa balik lagi kok. Tapi kalo penjual bilang kalo balik lagi besok harga dah beda dan kita dah sreg banget sm tuh hape plus harganya dah miring mending ambil aja, hehe..takut besok hilang jodohnya, wekekekek..
Mudah2an barang yg diidamkan bisa didapet..Amiinn..

sumber: xtrapulsa.com
 

HEADLINE

Image and video hosting by TinyPic

Download Ringtone Lucu dan Gokil dari Upin & Ipin

Translate this page!

Arabic Chinese (Simplified) French German Hindi Italian Japanese Russian Indonesian

Followers

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

SPORT

Image and video hosting by TinyPic
free counters
Ariedezzy

. Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Elxis Bro Sponsored by a Bronies corp Company