Selasa, 29 September 2009

Perbedaan JAR dengan JAD pada aplikasi atau game untuk hp Java?

Bingung nggak? Ketika kita mendownload aplikasi atau game untuk hp java, kadang-kadang kita bisa memilih antara file jar dan jad, seperti aplikasi atau game java yang ada di Getjar.com.Mungkin anda masih bingung apa perbedaan antara file JAR dengan JAD, Maka di sini saya coba merangkum dari berbagai sumber untuk menjelaskan sedikit mengenai 2 hal tersebut.

JAR adalah singkatan dari JAVA ARCHIVE. File JAR sebenarnya adalah kumpulan file yang dibundel dan dikompres seperti halnya file ZIP. Kita bisa melihat file-file yang ada di dalam file JAR dengan menggunakan aplikasi ekstraktor, misalnya WinZip, atau dengan aplikasi JZipman bila menggunakan hp.Isi file JAR adalah file-file kompilasi Java (*.class) dan file-file pendukung lainnya, seperti gambar, suara, dll.Didalam folder META-INF terdapat sebuah MANIFEST yang mendeskripsikan nama MIDlet-MIDlet (aplikasi java) yang tersedia, termasuk versi dan nama vendornya.Kita bisa membuka MANIFEST tersebut dengan editor teks seperti Notepad atau dengan menggunakan aplikasi MobiExplorer dan OperaMini Mod di hp.

JAD adalah singkatan dari Java Application Descriptor. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa JAD adalah file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet). Yaitu aplikasi Java yang ada didalam file JAD tersebut, karena file JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan MANIFEST yang ada didalam file JAR. Namun ada Informasi tambahan yang ada di file JAD, yaitu URL yang mengarahkan ke file JAR.

Kesimpulannya: JAR berisi aplikasi-aplikasi Java yang mungkin lebih dari 1 (satu). Segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, terletak dalam file JAR tersebut.JAD sifatnya sebagai file tambahan untuk menjelaskan isi file JAR atau data tambahan yang dibutuhkan untuk mendownload dan menginstal file JAR.

Dengan mengetahui arti JAR dan JAD, Anda bisa menggunakan banyak aplikasi untuk HP Anda.
 

HEADLINE

Image and video hosting by TinyPic

Download Ringtone Lucu dan Gokil dari Upin & Ipin

Translate this page!

Arabic Chinese (Simplified) French German Hindi Italian Japanese Russian Indonesian

Followers

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.

SPORT

Image and video hosting by TinyPic
free counters
Ariedezzy

. Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Elxis Bro Sponsored by a Bronies corp Company